Renovasi lapangan dan pembangunan perpustakaan SDN 031 Long Kali

Updated Sep 13, 2021 10:56:47 AM

WeCare.id

Rp121.000 terkumpul dari Rp 173,248,000
2.120%
0 hari lagi

Data di update per tanggal 3 Desember 2021

Donasi Sekarang

--

SDN 031 Long Kali berada di Kecamatan Long Kali, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Sekolah kecil ini didirikan secara resmi oleh pemerintah pada tanggal 12 Maret 2015. Memasuki tahunnya yang ke enam ini, SDN 031 Long Kali mewadahi 22 murid sekolah dasar. Mereka dibimbing oleh 7 orang guru yang terdiri dari 6 guru kelas dan 1 PJOK. Sayangnya, belum ada tenaga kependidikan yang berperan sebagai staf tata usaha. Desa Long Kali belum mendapatkan akses jaringan internet yang memadai. Selain itu, para penduduk yang mayoritasnya mengandalkan sektor pertanian ini juga belum merasakan fasilitas listrik. Mereka masih memanfaatkan satu surya panel yang hanya mampu memenuhi kebutuhan listrik skala kecil.

Terpencilnya keberadaan SDN 031 Long Kali membuat para guru terpaksa mengandalkan bantuan masyarakat sekitar untuk sekadar menumpang agar dapat pergi ke sekolah. Para guru yang mengabdi di sekolah dasar ini tinggal di luar desa. Bahkan, beberapa dari mereka berada di luar Kecamatan Long Kali. Akses menuju sekolah diperparah dengan kondisi jalan utama masih rusak. Beberapa kubangan air muncul di kala musim hujan. Terlihat jelas betapa licinnya medan yang dilalui masyarakat di sana. Warna hijau yang ditampakkan dinding sekolah selalu menyambut para guru dan siswa setiap pagi. Susunan balok-balok kayu di bagian dasarnya, diharapkan cukup kokoh untuk menopang beban bangunan sekolah mereka. Sebuah bangunan yang hanya terdiri dari 3 ruangan, dimungkinkan oleh warga sekolah agar dapat digunakan secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan 6 kelas, 1 ruang guru, dan 1 ruang kepala sekolah. Setiap bilik bersekat menjadi saksi kegigihan setiap warga sekolah dalam mengedepankan pendidikan. Antusias dalam kegiatan belajar-mengajar SDN 031 tidak pernah diragukan lagi

“Kalau sekolah ya masuk semua, nggak ada memang yang malas-malasan.” -Agus Salim, Lead Divisi Aksi Komunitas Ruang Peduli Kalimantan Timur

SDN 031 Long Kali belum pernah menerima bantuan dana dari pihak manapun. Padahal, masih banyak yang dibutuhkan oleh mereka agar dapat memaknai arti sekolah nyaman yang sebenarnya. Situasi tanah yang becek menghambat banyak hal, salah satunya terkait pelaksanaan kegiatan di luar gedung sekolah. Oleh karena itu, para guru dan siswa SDN 031 Long Kali sangat menginginkan renovasi lapangan sekolah agar lebih memadai. Lapangan berukuran 1200m2 diimpikan untuk menjadi saksi bisu momen klasik hikmatnya upacara dan riangnya suasana olahraga.

Dikabarkan bahwa sudah terdapat donatur yang ikut beraksi menggalang sumbangan berupa buku untuk SDN 031 Long Kali. Namun sayangnya, ruang baca yang nyaman disadari masih menjadi keterbatasan sekolah saat ini. Oleh karena itu, mereka juga mengharapkan bantuan pembangunan perpustakaan. Dengan adanya sinergi antara pengadaan buku dan pembangunan perpustakaan, SDN 031 Long Kali optimis dapat menjadi sekolah yang lebih berdaya saing di kemudian hari. Jangan sia-siakan jiwa-jiwa pejuang yang ada di SDN 031 Long Kali.

Mari kita berkolaborasi bersama dengan cara:

  1. Klik tombol “DONASI”
  2. Setelah masuk ke halaman mitra penggalangan dana, masukkan nominal donasi
  3. Pilih metode pembayaran
  4. Segera lakukan pembayaran sesuai nominal yang didonasikan

     

Dengan mengikuti langkah diatas, kini Anda telah menjadi #temanpeduli dan berpartisipasi pada perubahan positif pendidikan di Indonesia.

Apabila ada kesulitan donasi melalui web, donasi dapat ditransfer melalui rekening WeCare.id:

Bank BCA 2863801176 Bank Mandiri 1300040506654 a.n Yayasan Pelita Cakrawala Inspirasi

Jika sudah ditransfer, mohon untuk konfirmasi ke email support@wecare.id atau WA +62 821 19301892

Bersama ruangpeduli Wujudkan Pembangunan SDN 031 Long Kali

Topics: Bersama Anda, Beri Dampak Positif