Bantu Renovasi Sekolah Dasar Di Bontang, Kaltim

Updated Oct 6, 2021 9:26:56 AM

Kitabisa.com

Rp670.000 terkumpul dari Rp300.000.000
6.61667%
28 hari lagi

Data diupdate per tanggal 3 Desember 2021

Donasi Sekarang

--

Di Kelurahan Bontang Lestari, Kecamatan Bontang Selatan, Kota Bontang, Kalimantan Timur, berdiri sebuah lembaga pendidikan bermisi mulia yang bernama SD YPPI Teluk Kadere. Sekolah yang terletak di pinggiran kota ini ternyata menyimpan segudang kendala. Selama ini, banyak hak guru dan para siswa belum dapat terpenuhi. Mulai dari masalah gaji guru, kurang memadainya fasilitas sekolah, hingga perlengkapan dasar pelajar. 

Merangkul anak-anak sekitar yang rata-rata dikategorikan kurang mampu, menjadi keikhlasan sendiri bagi SD YPPI Teluk Kadere untuk beroperasi seadanya. Walaupun fasilitas listrik dan internet sudah terpenuhi, namun keinginan sekolah untuk menjamin kebutuhan sanitasi warganya belum juga terwujud. SD YPPI Teluk Kadere diketahui belum memperoleh akses saluran air bersih.

Berbicara mengenai keadaan prasarananya sendiri, banyak ruangan yang patut menjadi perhatian bersama. Beberapa bilik kerja dan belajar warga sekolah di sana tampak lapuk.  Apalagi kantor ruangan kepala sekolah yang sudah rusak berat dan belum mendapatkan perbaikan sama sekali. Kendala dana lagi-lagi menjadi masalah terbesar yang harus dihadapi SD YPPI Teluk Kadere.

Performa bangunan juga menjadi perhatian serius bagi siapa saja yang mengunjungi SD YPPI Teluk Kadere. Ketika melihat ke sekeliling, akan terlihat jelas pelapis dinding yang sudah mulai terkelupas. Hati akan menjadi semakin risau, ketika mulai menengadahkan kepala ke arah langit-langit, di mana akan tampak atap yang seakan melambai dan plafon usang yang sudah mulai rusak.

 

Para guru yang mengabdi di SD YPPI Teluk Kadere belum mendapatkan hak penuhnya. Tidak jarang, mereka yang telah bekerja seoptimal mungkin, masih menerima resiko keterlambatan imbalan yang seharusnya tidak terjadi. Hal ini bukan tanpa alasan. Para siswa SD YPPI Telur Kadere tidak diwajibkan untuk membayar sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) dan biaya operasional sekolah yang serba berkekurangan. Saat ini, sistematika sekolah yang mengadopsi proses pembelajaran campuran, yakni luring dan daring, membuat para guru juga membutuhkan laptop sebagai fasilitas pendukungnya. 

“Kondisi bangunan sekolahnya sudah tidak bagus dan biaya untuk renovasi, serta maintenance-nya gak ada. Proses pencairan gaji guru juga lambat.” Wahyu Rahmat, Relawan Distribusi ruangpeduli

Kendala finansial sudah lama dialami oleh para siswa dan keluarganya. Diketahui bahwa orang tua dari kebanyakan anak di sekitar sekolah bermata pencaharian sebagai nelayan atau petani. Dengan kehidupan yang sederhana ini, tidak sedikit siswa yang akhirnya belum mampu meletakkan sarana belajar sebagai prioritas, termasuk untuk membeli buku-buku tematik, lembar kerja siswa (LKS), atau perlengkapan lain.

Ekspektasi akan fasilitas belajar dan mengajar yang layak tidak henti-hentinya digulirkan. Selalu terselip harapan dari SD YPPI Teluk Kadere untuk segera memenuhi hak warga sekolah yang selama ini tertunda. Mari bersama sama membantu siswa dan guru SD YPPI Teluk Kadere dengan cara:

  1. Klik tombol “DONASI”
  2. Setelah masuk ke halaman mitra penggalangan dana, masukkan nominal donasi.
  3. Pilih metode pembayaran.
  4. Segera lakukan pembayaran dengan nominal yang didonasikan.

Dengan mengikuti langkah diatas, kini anda telah menjadi #teman peduli dan berpartisipasi pada perubahan positif pendidikan Indonesia.

Terima Kasih!

Topics: Bersama Anda, Beri Dampak Positif