Menjadi Perempuan Siap Kerja dan Berdaya Bersama PUAN ANGKASA

Updated Nov 29, 2022 4:35:12 PM

 

puan-angkasa-ruangguru

 

--

PUAN ANGKASA merupakan singkatan dari PEREMPUAN DALAM RUANG KOMUNITAS SINERGI DAN BERDAYA” PUAN ANGKASA dibentuk dengan dasar pentingnya pemberdayaan perempuan. Sasaran program ini adalah perempuan berusia 18-40 tahun. Pelaksanaan program dilakukan selama 3 bulan, dan dilakukan secara online. Puan Angkasa merupakan bentuk upaya mewujudkan salah satu SDGs yaitu kesetaraan gender melalui pemberdayaan perempuan. Program ini akan bekerjasama dengan berbagai stakeholders seperti pemerintah, pihak swasta, komunitas atau NGO yang bergerak dengan isu perempuan.

Melalui program PUAN ANGKASA, Ruangguru Foundation dengan dukungan PT Chandra Asri mengharapkan dapat mendorong peningkatan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) perempuan di Indonesia. Berdasarkan data TPAK, nilai Ketenagakerjaan perempuan Indonesia di tahun 2021 berada pada angka 53,7 persen, lebih rendah dibandingkan dengan TPAK laki-laki yang sudah mencapai 82,27 persen.

Rangkaian Program PUAN ANGKASA

Rangkaian program PUAN ANGKASA berjalan selama tiga bulan untuk memberikan pendampingan persiapan kerja dan pendalaman pemahaman peserta mengenai isu pemberdayaan perempuan, khususnya untuk kalangan mahasiswi dan lulusan baru.

Terdapat dua kegiatan di dalam program PUAN ANGKASA. Yang pertama adalah Kelas Inspirasi, yang merupakan intervensi program untuk memberikan pemahaman terkait isu perempuan seperti stigma-stigma yang seringkali melekat pada perempuan dan pentingnya untuk berdaya. Program ini dilakukan selama satu bulan dengan mengangkat berbagai topik yang mendukung pemberdayaan perempuan. Yang kedua adalah Webinar READY (CAREER PREPARATION FOR DEVELOPMENT OF THE YOUTH) yang merupakan program persiapan karir. Program ini memberi kesempatan bagi peserta untuk mendapatkan material pembelajaran mandiri secara online melalui program Skill Academy yang tersedia pada platform Ruangguru. Selain itu, program ini memberikan pendampingan persiapan kerja kepada peserta yang bersifat intensif secara online untuk membantu peserta meningkatkan keterampilan soft skill dan membantu mendapatkan pekerjaan yang lebih baik melalui grup chat maupun Google Meet selama dua bulan. Program ini dilakukan selama 2 bulan. Para peserta akan mendapatkan 3 kelas, yaitu 1 kelas wajib (persiapan kerja) dan 2 kelas pilihan dari peserta.

Sebanyak 50 peserta yang terdiri atas mahasiswi dan lulusan baru dari berbagai universitas di Indonesia sudah mengikuti Program PUAN ANGKASA kolaborasi Ruangguru Foundation dan Chandra Asri. Peserta akan menjalani rangkaian program peningkatan kompetensi dan mendapatkan pendampingan yang holistik untuk membantu peserta mempersiapkan dan merencanakan karir yang tepat.

Chrysanthi Tarigan, Head of Corporate Communication Chandra Asri, mengatakan bahwa pihaknya senang dapat menjadi mitra pertumbuhan dan menjadi bagian perjalanan perempuan dalam menggali serta memaksimalkan potensi diri. Hal ini sejalan dengan komitmen Chandra Asri untuk mendorong inclusion & diversity di Indonesia, khususnya terkait dengan pemberdayaan perempuan.

Selain itu, Real Rahadinnal, selaku Lifelong Learning and Monitoring Evaluation Manager Ruangguru, mengatakan Ruangguru Foundation sangat mengapresiasi kesempatan untuk bekerja sama dengan Chandra Asri dalam program PUAN ANGKASA. Latar belakang program ini berasal dari pemahaman bahwa mahasiswi dan lulusan baru memerlukan persiapan dan pengembangan kemampuan diri untuk bisa bersaing di dunia kerja, terlepas dari gender.

Topics: Dampak Nyata