Ruangguru beri Beasiswa untuk Warga Wonosobo melalui program Beasiswa Akademi Ruangguru

Updated Dec 15, 2022 3:55:46 PM

Pembukaan Kegiatan Beasiswa Akademi Ruangguru

Kegiatan pembukaan Beasiswa Akademi Ruangguru (BAR) di Aula SMA Muhammadiyah Wonosobo

--

Ruangguru terus menunjukkan komitmen dalam menyediakan layanan pendidikan yang berkualitas untuk siapa saja dan dimana saja, salah satunya kepada siswa pada lembaga pendidikan non formal yang tergabung dalam Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Wonosobo, Jawa Tengah. Ruangguru memberikan beasiswa melalui program Beasiswa Akademi Ruangguru (BAR) yang juga merupakan bentuk kolaborasi bersama dan dukungan program unggulan Wonosobo Pinter oleh Pemkab Wonosobo. 

Dalam pertemuan pertama program BAR di Aula SMA Muhammadiyah Wonosobo, Minggu (6/11/2022) sebanyak 450 peserta yang terdiri dari pengurus 17 PKBM, 1 Pendidikan Non-Formal Sanggar Kegiatan Belajar (PNF-SKB) Disdikpora, siswa, serta warga menunjukkan antusias penuh semangat dalam mengikuti kegiatan ini. 

"Saya menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Wonosobo atas dukungan yang diberikan dengan kerjasama yang berjalan dengan baik ini," ucap Rafi Assegaf, perwakilan Ruangguru yang hadir dalam kegiatan tersebut. 

Kegiatan pembukaan program ini ditujukan untuk mempersiapkan peserta dalam mengikuti rangkaian program BAR yang akan berlangsung selama 1 tahun ke depan. Kegiatan ini juga dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda & Olahraga Kabupaten Wonosobo, Tono Prihatono. Selain itu, turut berhadir juga Amin Purnadi selaku Kepala Bidang Pemerintahan Sosial dan Budaya, Bappeda Kabupaten Wonosobo. Beliau menyampaikan Program Beasiswa Akademi Ruangguru (BAR) sangat relevan dengan upaya penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Wonosobo. Seperti diketahui menurut Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2021 kemiskinan di Kabupaten Wonosobo berada di angka 17,67 persen. Amin Purnadi menambahkan, data terakhir menunjukkan sebanyak 61 persen Anak Tidak Sekolah (ATS) memilih kembali bersekolah melalui jalur non formal PKBM. Hal ini menandakan, PKBM memiliki posisi strategis dalam upaya penanganan ATS di Kabupaten Wonosobo. 

"Maka sangat tepat ketika Pemkab Wonosobo mengambil kebijakan untuk meningkatkan kualitas PKBM yang salah satunya melalui kerja sama dengan Ruangguru. Semoga kerjasama ini kedepannya bisa ditingkatkan dan diperluas ruang lingkupnya," imbuhnya.

Program Beasiswa Akademi Ruangguru (BAR) untuk siswa PKBM di Wonosobo diberikan secara gratis. Dalam program ini peserta akan mendapatkan pendampingan berupa persiapan Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK), Persiapan Ujian Seleksi Masuk Universitas dan Persiapan Kerja. Para penerima beasiswa juga akan mendapatkan akses belajar produk Ruangguru, seperti akses untuk ruangbelajar,  Brain Academy Online, Skill Academy dan lainnya secara gratis. 

--

Artikel ini merujuk pada berita yang pertama kali diterbitkan oleh Tribun News pada tanggal 7 November 2022 yang dapat diakses melalui: https://jateng.tribunnews.com/2022/11/07/beasiswa-akademi-ruangguru-dukung-program-unggulan-wonosobo-pinter

Topics: Dampak Nyata